10 Tanaman Hias ‘Apik’ di Ruang Kerja

JAKARTAJawara Post – Kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) yang diterapkan banyak perusahaan di dunia menyebabkan munculnya tren tanaman hias. Banyak jenis tanaman hias dipilih untuk mempercantik rumah selama WFH.
Dilansir dari Apartment Therapy, Minggu (31/1/2021), sebuah laporan terbaru dari Made menguraikan beberapa tanaman hias paling populer di rumah selama pandemi virus corona.

Made menelusuri unggahan pada Instagram terkait tanaman hias yang banyak dijadikan dekorasi ruang kerja di rumah.

Nah, apa saja tanaman hias terpopuler selama periode WFH?
1. Spider plant
Spider plant menempati peringkat pertama dengan volume penelusuran tahunan sebesar 486.000. Dengan dedaunan melengkung tipis panjang dengan garis-garis putih seperti pita, tanaman ini dianggap salah satu pilihan yang mudah untuk dirawat dan bahkan membantu membersihkan udara.
Tidak hanya itu, tanaman ini pun tidak beracun bagi kucing dan anjing.

2. Lidah buaya
Tanaman lidah buaya, dengan volume penelusuran 397.200 dalam setahun, berada di urutan kedua. Tanaman yang termasuk keluarga sukulen ini perawatannya mudah karena tidak membutuhkan banyak air.
Sansevieria trifasciata Hahnii, salah satu jenis tanaman lidah mertua.

3. Lidah mertua
Tanaman lidah mertua, dengan volume pencarian tahunan 397.200, berada pada peringkat ketiga sebagai tanaman WFH terpopuler.
Tanaman ini lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung, tetapi masih bisa tumbuh di area rumah yang kurang cahaya.

4. Sukulen
Tanaman sukulen, dengan volume pencarian tahunan 325.200, berada di urutan keempat. Tanaman imut ini perawatannya rendah dan tidak membutuhkan terlalu banyak air.

5. Bambu
Tanaman bambu, dengan volume pencarian tahunan 266.400, berada di peringkat kelima. Tanaman ini membutuhkan pemeliharaan di pot dan air bersih sekitar sekali seminggu, tetapi terkadang penyiraman dua kali seminggu sudah cukup.

6. Air plant
Air plant, dengan volume pencarian tahunan 177.600, berada di urutan keenam, ini mencakup berbagai jenis Tillandsia.Tanaman ini membutuhkan air setiap satu hingga dua minggu.

7. Jade plant atau tanaman giok
Tanaman giok, dengan volume pencarian tahunan 145.200, berada di peringkat ketujuh. Jenis tanaman sukulen ini cukup tangguh dan bertahan cukup lama dengan sinar matahari langsung.

8. Prayer plant
Prayer plant atau tanaman doa, dengan volume pencarian tahunan 97.200, berada di urutan kedelapan. Tanaman ini memiliki dedaunan dengan corak yang berani dan cerah.
Prayer plant tumbuh subur dengan kondisi seperti rumah kaca dan membutuhkan sinar matahari tidak langsung.

9. Kaktus
Tanaman kaktus, dengan volume penelusuran tahunan 97.200, berada di urutan kesembilan. Tanaman sukulen ini sangat ideal sebagai tanaman hias di dalam rumah.
Sebab, perawatannya mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak air, tetapi banyak paparan sinar matahari.

10. ZZ plant
Tanaman ZZ, dengan volume pencarian tahunan 52.800, melengkapi 10 tanaman hias teratas. Tanaman ini dapat mentolerir cahaya redup dan merupakan pembersih udara, membuatnya ideal untuk pemula.

RedaksiJP



Menyingkap Tabir Menguak Fakta