70 Perempuan Kejar Target Lipat Surat Suara Pilkada Situbondo

RADAR BESUKI,  Jawara Post—Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pilkada 2020 dengan melibatkan 70 orang tenaga kerja.

“Penyortiran dan pelipatan surat suara yang dimulai hari ini akan berlangsung selama tiga hari, dengan melibatkan komunitas perempuan sebanyak 70 orang. Kami pilih perempuan karena mereka cenderung lebih teliti dan rapi,” ujar Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto di sela memantau pelipatan surat suara di Gudang Logistik KPU Situbondo.

Baca juga 》Tolak Hoax dan Intimedasi, Panwascam Gaet 4 Unsure Masyarakat

Menurut dia, penyortiran dan pelipatan yang dilaksanakan sejak pagi hingga siang hari ini ditemukan sejumlah surat suara rusak, mulai ada bintik-bintik, sobek, terdapat warna di balik kertas surat suara dan kerusakan lainnya.

“Surat suara yang rusak seperti sobek dan ada bintik-bintik serta kerusakan lainnya sudah kami minta untuk langsung dipilah. Kalau jumlah surat suara rusak masih belum, nanti sore bisa dihitung,” kata Marwoto.

Marwoto menyebutkan, surat suara yang diterima KPU sesuai jumlah daftar pemilih tetap atau DPT sebanyak 493.441 lembar ditambah 2,5 persen, yakni 506.416 lembar, ditambah lagi 2.000 surat suara untuk persediaan apabila terjadi pemungutan suara ulang.

“Logistik kelengkapan TPS yang belum diterima KPU tinggal formulir C. Sementara sebagian besar logistik untuk pilkada sudah rampung dan untuk alat pelindung diri atau APD sudah didistribusikan ke 17 kecamatan,” katanya.

Ia menambahkan, secara serentak distribusi logistik akan dikirim pada 5 Desember 2020, ke seluruh kecamatan, dan selanjutnya didistribusikan menuju 132 desa dan empat kelurahan.

Pilkada 2020 di Situbondo diikuti dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, yakni nomor urut 01 Karna Suswandi-Khoirani yang diusung empat partai politik, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, PDI Perjuangan, dan Partai Gerindra, serta didukung parpol nonparlemen meliputi PBB, Perindo, PSI, dan PAN.

Sedangkan pasangan calon nomor urut 02 Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi diusung empat partai politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, PKS dan Partai Hanura, serta didukung parpol nonparlemen NasDem.

Novi H / Red JP



Menyingkap Tabir Menguak Fakta