Ancaman Banjir Menghantui Warga Dusun Sukomande

BANYUWANGIJawara Post – Intensitas hujan tinggi membuat was-was warga Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran.

Sebab jika hujan deras mengguyur kawasan itu, getek yang biasa digunakan untuk menyeberang sering hilang hanyut terbawa arus sungai. Selain itu, sling besi (bentang kawat baja) untuk menarik getek juga sering putus lantaran sudah lama tidak diganti.

Penarik getek Sungai Sukamade, Bunaryo, (45), warga Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, mengatakan sling besi untuk menarik getek memang sudah terlalu tua dan sudah seharusnya diganti.

Namun, selam ini pihak Pemerintah Desa Sarongan, maupun Kecamatan Pesanggaran, tidak pernah mengabulkan permintaan warga tersebut. “Kami hanya minta sling besi untuk menarik getek,” ujarnya.

Bunaryo menyebut, sudah berulang kali menyampaikan permintaannya itu kepada pemerintah desa setempat, namun permintaannya hingga saat ini belum dipenuhi. Warga terpaksa menggunakan sling besi yang lama dan tua untuk digunakan menarik getek.

“Sling besi sebenarnya sudah tidak layak pakai, namun karena kondisinya seperti ini terpaksa kami manfaatkan lagi meskipun sudah tidak layak pakai,” katanya.

Akibat sling besi itu masih terus digunakan, sering sekali getek akses satu-satunya warga untuk menyeberangi sungai hanyut hilang terbawa arus sungai. Jika sudah hanyut, warga harus bersusah payah menyusuri sungai untuk mencari keberadaan getek yang terbuat dari fiber tersebut.

“Iya kami hanya dapat mengandalkan getek itu untuk menyeberangi sungai. Getek itu merupakan pemberian hibah dari Gubernur Jawa Timur Sukarwo, pada 2014 lalu,” terangnya.

Ia berharap pemerintah Kabupaten Banyuwangi memberikan sedikit donasi kepada warga Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, untuk membeli sling besi.

Sebab, benda itu saat ini merupakan kebutuhan utama bagi warga untuk mempermudah transportasi. Warga membutuhkan sling besi untuk menarik getek sepanjang 50 meter. “Kami tidak punya banyak uang untuk membeli sling besi. Selian itu, jarak dari desa ke kota juga sangat jauh,” pungkasnya.

Dhonny



Menyingkap Tabir Menguak Fakta