MAULID NABI

Bahaya Mengintai Pengguna Aplikasi “Wajah Tua” FaceApp

Melalui tantangan bertanda pagar (tagar/hastag) #AgeChallange yang beredar luas di berbagai platform media sosial, aplikasi edit foto bernama FaceApp pun kembali diinstal para pengguna Android dan iPhone.

FaceApp punya fitur yang bisa memoles foto wajah menjadi lebih muda atau lebih tua dari aslinya. Fitur itulah yang menyebabkan aplikasi tersebut lebih banyak di-download oleh pengguna smartphone melalui Play Store dan App Store ketimbang aplikasi serupa lainnya.

Tapi siapa sangka, ternyata menggunakan FaceApp bisa berbahaya dan merugikan. Potensi bahaya dan rugi itu bisa terjadi lantaran beberapa poin perjanjian di bagian persetujuan dan ketentuan pemakaian yang dibuat dan disetujui pengguna memungkinkan bagi pihak FaceApp untuk menyimpan, menyebarkan, bahkan menjual foto penggunanya untuk tujuan komersial. Parahnya lagi, itu bisa terjadi pada foto yang telah dihapus sekalipun.

Sebagaimana dirilis Kompas.com, Kamis (18/7/2019), yang juga mengutip dari Apple Insider di hari yang sama, bahwa dengan menggunakan aplikasi FaceApp, secara otomatis pengguna sudah sepenuhnya menyerahkan hak atas fotonya ke pihak developer atau pengembang.

Dengan ketentuan yang diberlakukan dan sudah disetujui, FaceApp berhak melakukan apa pun terhadap materi berupa foto tersebut, termasuk menyebar dan menggunakannya untuk kepentingan komersial tanpa perlu izin atau memberi kompensasi apapun pada pengguna yang bersangkutan.

Untuk lebih jelasnya, berikut kutipan lengkap poin-poin perjanjian yang berpotensi membahayakan dan merugikan pengguna aplikasi FaceApp:

“Anda memberi FaceApp lisensi yang berlaku selamanya, tidak dapat dibatalkan, tidak eksklusif, bebas royalti, dibayar penuh, untuk mereproduksi, memodifikasi, mengadaptasi, memublikasikan, menerjemahkan, membuat karya turunan, mendistribusikan, memajang karya di hadapan publik, dan menampilkan konten milik Anda dengan nama, nama pengguna, atau bentuk apa pun yang diberikan dalam semua format dan saluran media, tanpa kompensasi kepada Anda”.

“Dengan menggunakan layanan ini, Anda setuju bahwa konten milik pengguna dapat digunakan untuk tujuan komersial. Anda selanjutnya mengakui bahwa penggunaan konten untuk tujuan komersial FaceApp tidak akan mencederai Anda atau orang yang Anda beri wewenang untuk bertindak atas namanya”.

Bagaimana, masih mau terus gunakan aplikasi “wajah tua” FaceApp? Atau malah sebaliknya, menghapus aplikasi tersebut dari smartphone Anda karena potensi bahaya dan kerugian yang mengintai?

 

IF/Redaksi



Menyingkap Tabir Menguak Fakta