Batu Kapur Arosbaya Bangkalan Madura

MADURA,  Jawara Post

Lokasinya sekitar 30 menit dari Bangkalan. Akses jalan cukup baik, hanya sekitar 1 km akhir yang hanya bisa dilalui 1 mobil. Tetapi tidak perlu kuatir, karena ada petugas yang mengatur arus kendaraan, sehingga tidak akan berpapasan di tengah jalan.
Tempat ini belum dikembangkan secara baik, namun pemandangannya bagus.

 

Batu Kapur Arosbaya 1

Ada guide lokal yang akan membantu untuk menunjukkan lokasi-lokasi yang bagus untuk berfoto. Tempat tidak luas sekali, namun banyak jalur, sehingga tidak ada salahnya diantar guide yang akan menunjukkan jalan.

https://youtu.be/XIW_M5ZiFOg

Dahulunya, Bukit Kapur Arosbaya adalah sebuah tambang batu kapur biasa dengan bukit sisa pahatan. Namun sekarang bukit kapur ini telah menjadi objek wisata di Madura.

Bukit bekas pahatan sisa penambangan kapur di sini justru menghadirkan bentuk-bentuk unik dan menjadi alasan orang-orang yang berkunjung ke sini.

Batu Kapur Arosbaya 2

Tak hanya bekas pahatannya saja yang unik, namun warna Bukit Kapur Arosbaya yang merah merona menambah keunikan Bukit Kapur Arosbaya ini. Warga sekitar mengenal daerah tambang ini dengan sebutan “Bedel”.

Batu Kapur Arosbaya 3

Bukit Kapur Arosbaya ini juga biasa dikenal sebagai Bukit Pelalangan yang terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura.

Berdasarkan data yang dikutip dari Wikipedia, Arosbaya adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Lokasi menjorok ke dalam, datang dengan rombongan sedang saja yang satu mobil isi sampai 16 sudah cukup. Jalan menuju tempat ini memang cukup 1 mobil, tapi orang-orang sekitar ramah sekali saat membantu mobil yang berpapasan agar bisa lewat.

Batu Kapur Arosbaya 4

Jika anda merencanakan untuk ke Bukit Jeddih, tidak ada salahnya untuk menyambung ke Arosbaya ini. Nuansanya lain karena bukit kapurnya lebih cokelat dari Bukit Jeddih. Banyak spot foto, tetapi sayangnya cukup banyak pula tangan2 usil yang telah merusak bukit ini dengan mengukir-ukir nama.

Di bukit kapurnya dipahat tangga tangga kecil sehingga kita bisa sedikit mendaki ke atas, tetapi tetap hati-hati, usahakan menggunakan sepatu anti selip karena bila kapur terkena hujan akan licin. WC bersih dan bayar. Ada tiket khusus untuk foto pre-wedding, tapi tidak terlalu mahal. Anda harus menyiapkan tenaga yang cukup apabila kemari, karena jalan menyusuri bukit2nya bereglombang dan areanya cukup luas, 3 hektar.

@tim



Menyingkap Tabir Menguak Fakta