PimpPrus PT Jawara Pos Group

Beberapa Fitur Penting WhatsApp yang Belum Banyak Diketahui

TEKHNOLOGI, Jawara Post – Aplikasi pesan WhatsApp yang sekarang digunakan banyak orang di dunia rupanya masih menyimpan berbagai fitur atau layanan yang belum diketahui oleh para penggunanya.

Saya maupun anda bisa saja sebagai bagian dari pengguna yang belum banyak tau tentang fungsi-fungsi yang ada di dalam WhatsApp.

Ilustrasi gambar Google

Di laman GQ India dijelaskan banyaknya fitur menarik yang belum digunakan, atau bahkan mungkin belum diketahui penggunanya. Padahal fitur-fitur tersebut dapat memudahkan penggunaan WhatsApp. Berikut fitur-fitur tersebut:

1. Sembunyikan nomor telepon WhatsApp
Fitur ini sebagai salah satu teknik peretasan yang digunakan sejak lama. Untuk melakukannya, pengguna butuh dual SIM Card, memasukkan SIM Card yang lama dan mengaktifkan aplikasi WhatsApp dalam ponsel.

Setelah WhatsApp aktif, ganti SIM Card lama dengan yang baru. Saat aplikasi meminta nomor baru, pengguna harus memilih nomor lama sebagai nomor WhatsApp. Dengan begitu, nomer pengguna tidak akan tersedia untuk kontak baru, bahkan jika mereka telah menyimpannya di WhatsApp.

2. Buat grup untuk menyimpan data
Banyak yang tidak menyadari adanya fungsi ini. Grup obrolan ternyata dapat digunakan untuk menyimpan berbagai data berupa foto, catatan, klip suara atau data lainnya. Caranya, pertama pengguna harus membuat grup baru dan menambah salah satu dari data kontak ke grup. Setelah itu, hapus peserta dan mulai menyimpan data tersebut.

3. Melihat status orang tanpa diketahui pemilik status
Ketika kita melihat status WhatsApp seseorang secara otomatis akan terlihat siapa saja orang-orang yang melihat statusnya. Namun ada cara agar kita tidak masuk dalam daftar yang melihat status seseorang. Caranya dengan mengunduh aplikasi tambah YoWhatsApp. Buka Menu, lalu buka YoMods dan Privasi. Centang pada ‘Tampilkan Tanda Biru’ di bawah bagian Privasi dan centang opsi ‘Sembunyikan Status tampilan’.

Cara lain yang lebih mudah dan tidak menggunakan aplikasi tambahan, yaitu dengan menonaktifkan laporan dibaca. Hal itu akan membuat pengguna lain tidak tahu apakah kita sudah membaca pesannya atau belum, juga melihat status tanpa diketahui pemilik status.

Caranya adalah buka pilihan titik tiga di bagian kanan atas, kemudian pilih Setelan, dilanjutkan pilih akun dan privasi. Di bagian bawah tampilan akan terdapat tulisan laporan dibaca dengan kotak yang harus dihilangkan tanda chek listnya.

4. Mengirim pesan kosong
Jika Anda ingin mengirim salah satu kontak pesan kosong, pengguna harus mengunduh aplikasi NoWord. Setelah itu, cukup ketuk tombol ‘Kirim’ dan pilih WhatsApp kemudian pilih kontak yang ingin dikirimi pesan kosong.

5. Kembalikan file yang dihapus
Pengguna WhatsApp pasti pernah mengalami kondisi ketika banyak data foto dan video, dan menghapus secara tak sengaja tanpa mencadangkannya atau backup. Dalam kasus seperti itu, dari pada meminta untuk mengirim ulang foto atau video tertentu, pengguna dapat menggunakan aplikasi dr.fone untuk memulihkan file yang dihapus.

Caranya unduh aplikasi dr.fone melalui komputer. Kemudian hubungkan telepon dengan komputer melalui USB, setelah itu, centang pada ‘WhatsApp dan Lampiran’. Lalu, klik pada ‘Mulai Scan’ untuk mulai memindai gambar WhatsApp yang dihapus. Ketika pemindaian selesai, data yang dihapus akan dipulihkan dan muncul kembali.

6. Baca semua pesan sekaligus
Pengguna WhatsApp biasanya memiliki banyak grup yang harus dihadapi mulai dari deretan pesan, gambar, dan video yang bisa mengganggu, terutama ketika sibuk bekerja. Dari pada membisukan grup untuk menghindari pesan masuk, pengguna bisa membaca semua pesan masuk sekaligus.

Untuk melakukan hal itu, pengguna harus menggunakan pilihan ‘Tandai telah dibaca’. Caranya, pilih salah satu obrolan yang memiliki pesan masuk dengan tekan sedikit lama untuk menandainya. Setelah itu ketuk pilihan titik tiga di kanan atas dan pilih ‘Tandai telah dibaca’.

7. Gunakan WhatsApp dengan Bluetooth
Ada dua cara menggunakan WhatsApp dengan Bluetooth. Pengguna dapat mengunduh Bluemess, aplikasi messenger yang membantu mengirim pesan melalui Bluetooth. Kemudian, cara kedua untuk mengakses dan berbagi koneksi internet melalui Bluetooth.

Caranya, pertama aktifkan Bluetooth di ponsel, kemudian buka sistem, pengaturan, lainnya, penambatam dam hotspot portabel. Setelah Bluetooth tethering kedua perangkat aktif dan pasangkan dengan telepon pengguna, matikan koneksi dari telepon pertama ke telepon kedua. Lalu masuk ke Bluetooth dan pilih perangkat, lalu klik ‘Akses Internet’ dan mulai berselancar atau gunakan WhatsApp untuk mengirim pesan.

(Redaksi)



Menyingkap Tabir Menguak Fakta