BONDOWOSO : Aksi Heri Kerang Berahir Dibalik Jeruji Polres

JAWA TIMURJawara Post – Polres Bondowoso berhasil membekuk Heri (39) warga Desa Kerang, Kecamatan Sukosari, Bondowoso, Jawa Timur, kemarin. Ia terbukti salah seorang sepesialis maling sepeda motor.

AKP Jamal, Kasatreskrim Polres Bondowoso mengatakan, saat ditangkap petugas, pelaku pasrah tanpa perlawanan. Malah saat di introgasi polisi, ia mengaku sudah berulangkali beraksi, baik ditempat parkir maupun dipinggir jalan desa.

Jawara post

Heri – pelaku curanmor asal Desa Kerang

“Pelaku dalan aksinya mencari korban yang lengah saat memarkirkan motornya, seperti yang dialami Misyoto (34) warga Desa Tegal Jati, Kecamatan Sumber Wringin. Karena lengah, motornya amblas,” ungkapnya, Kamis (9/5/2019).

Jamal menerangkan, Misyoto mengaku hendak mencari rumput disawah untuk pakan ternaknya tepatnya diareal persawahan, Dusun Betta Desa Tegal Jati.

Karena sudah terbiasa, lanjut Jamal, korban langsung memarkirkan begitu saja motor Honda Kharisma, bernomer Polisi DK 2354 LA dipinggir jalan.

“Saat bersamaan, Pelaku melihat dan langsung mengincar.  Selain sepi, motor diparkir tanpa dilengkapi kunci ganda. Melihat peluang itu, Heri (pelaku) langsung beraksi dengan kunci T, Heri berhasil membawa kabur motor Misyoto,” terangnya.

Sementara, lanjut Kasat, korban yang sedang asyik memotong rumput tidak sadar motornya sudah dibawa maling, korban baru menyadarinya sekitar pukul 10.00 wib saat hendak pulang, motornya sudah tidak ada lagi ditempatnya.

Dia menjelaskan, awalnya korban sempat mengira jika ada orang yang sengaja memindahkannya, namun saat bertanya kepada orang yang berada tidak jauh dari lokasi hilangnya motor, mereka mengaku tak tahu menahu tentang motor milik korban.

“Korban kemudian memilih melaporkannya ke polisi. Petugas yang mendapatkan laporan dari korban dan berbekal petunjuk langsung melakukan pencarian. Hasilnya, petugas mengarah kepada nama pelaku,” jelas AKP Jamal.

Katanya, setelah bukti yang didapatkan cukup kuat, petugas kemudian melakukan penangkapan terhadap pelaku. Saat itu, pelaku yang hendak pulang langsung disergap dan lalu dibawa ke Mapolres Bondowoso.

Alat yg digunakan pelaku

Ketika menjalani proses penyidikan, pelaku bernama Heri asal Desa Kerang ini, mengaku beraksi dibanyak tempat. Bukan cuma punya perumput Misyoto, melainkan juga pernah ngemaling Honda Vario dari parkiran Puskesmas Sumber Wringin, sekitar bulan April 2019.

”Kami masih terus melakukan pengembangan. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada, apalagi dalam bulan ramadhan ini angka kejahatan biasanya akan meningkat. Sementara,  anggota kami tempatkan dititik rawan untuk meminimalisir kejahatan,” pungkasnya.

Johan gdr/red



Menyingkap Tabir Menguak Fakta