Dusun Krajan Dijadikan Kampung Tangguh, Begini Kata Kasat Binmas

RADAR BESUKIJawara Post –Pengarahan dan penguatan kampung tanggung di Desa Jatibanteng, Kecamatan Jatibanteng Situbondo Jawa Timur, terus digalakkan.

Pada hari Sabtu ( 14/11/2020), Kasat Binmas Polres Bondowoso hadir dan mengarahkan segenap instrumen kampung tanggung, bertempat dibalai desa Jatibanteng.

Selain forkopimka, jajaran pemdes dan perwakilan dari Dinkes juga ikut dalam acara tersebut.

Kapolsek Jatibanteng mengawali acara dengan sambutan yang intinya agar masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan termasuk anjuran pemerintah soal vovid – 19.

“Patuhi protokol kesehatan, hal hal yang lebih mendetail nanti kasat binmas yang menyampaikan,” kata Iptu Subandrio.

Menurut Iptu Jiembadi, SH, selaku Kasat Binmas Polres Situbondo, pendataan terdampak covid 19 dan evaluasi perekonomian masyarakat dibawah, perlu kepedulian bersama.

Pasalnya, akibat wabah corona, pendapatan masyarakat drastis menurun dan perekonomian labil. “Selain pendataan, win win solusi juga patut kita upayakan,” ucapnya.

Sementara, menurut Kepala Desa Jatibanteng, Musawir, S.Pd, pihaknya sangat mendukung adanya kampung tangguh.

Selain mampu membangun masyrakat mandiri ditengah pandemi corona, kampung tangguh ini juga bisa mengintensipkan komunikasi pemdes dengan masyarakat.

“Saya berterimakasih Kasat Binmas dan segenap instrumen masyarakat lainnya, dalam membangun kampung tangguh sesuai anjuran Kapolri,” katanya.

Tujuan utama dibentuknya kampung tangguh agar masyarakat aware (peduli) dengan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Adanya kampung tangguh mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya,” jelasnya.

Sekadar diketahui, keberadaan kampung tangguh mendapat respons positif dari warga Desa Jatibanteng.

Adanya kampung tangguh menjadikan warga desa bisa disiplin menjalankan protokol kesehatan. Manfaat lainnya yang dirasakan adalah lingkungan mereka aman dari kejahatan pencurian.

Kali ini, Kampung tanggung masih diproyeksikan di Dusun Krajan Desa Jatibanteng. Meski belum semua dusun membentuk kampung tangguh, paling tidak acara itu sudah mengawali. Semua itu demi berkesinambungan dalam percepatan penanganan pandemi covid – 19.

“Masyarakat tangguh, Negara Utuh, Perekonomian akan stabil,” pungkas Musawir.

Kabar sebelumnya, Kampung Tangguh Semeru (KTS) Bumi Ayu yang teletak di kompleks Perumahan Graha Bumi Ayu Kelurahan Dawuhan Kecamatan Kota Situbondo digerojok bantuan sembako dan obat-obatan oleh Kapolres, Selasa (10/11).

Redaksi



Menyingkap Tabir Menguak Fakta


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *