MAULID NABI

Kecamatan Wongsorejo Gelar Deklarasi Pilkades Damai

BANYUWANGIJawara Post – Sebanyak 38 calon kepala desa (cakades) di Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi menggelar deklarasi damai. Tujuannya adalah mencegah terjadinya konflik di pilkades serentak, yang digelar pada 9 Oktober 2019 nanti.

Kapolsek Iptu Kusmin mengatakan deklarasi damai ini menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya konflik. Menurutnya, berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan Polsek Wongsorejo ada 9 desa yang dinilai memiliki potensi terjadinya konflik sehingga harus mendapatkan perhatian khusus.

“Ada 9 desa yang akan kita fokuskan untuk maksimalkan dan akan kita profiling kembali menjelang pelaksanaan pilkadesnya,” kata Kusmin seusai deklarasi damai di Pendopo Kantor Kecamatan Wongsorejo Senin (8/9/2019).

Camat dan kapolsek dan 38 Calon Kepala Desa (Cakades) di kecamatan Wongsorejo

Dia mengatakan 9 desa itu tidak mutlak mendapat perhatian dan masih turun tergantung perkembangan yang terjadi di lapangan. “Sampai saat ini masih 8 di desa wongsorejo karena upaya kita preventif untuk mencegah potensi-potensi konflik,” ujarnya.

Selain mengajak cakades melakukan deklarasi damai, jelas dia, pihaknya juga melakukan upaya lain menjaga pelaksanaan pilkades tetap kondusif. “Ada beberapa indikator yang menjadi penilaian kita, yang kita anggap sebagai bentuk kerawanan yang harus kita cari solusinya, sehingga nanti pada saat pelaksanaan bisa mengurangi tensi,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Wongsorejo Dra Sulisyowati menyayangkan sebagian cakades tidak ikut serta dalam deklarasi damai ini. menyebut cakades yang tidak mengikuti deklarasi damai berarti belum siap menang atau Kalah .

“Dari 38 calon, tidak semuanya hadir, hampir setiap Desa ada yang tidak hadir 3 orang Yang tidak hadir ini berarti belum siap menang. Justru yang hadir ini adalah ksatria, yang benar-benar memahami demokrasi,” tambahnya.

Camat berpesan kepada cakades yang hadir agar bersaing secara sehat dan tetap menjaga keutuhan di kalangan masyarakat. “Saya melihat semangat untuk tetap kompak, guyub, rukun. Insyaallah nanti pelaksanaannya tetap aman dan sukses,” harapnya.

Dhony/red/jp



Menyingkap Tabir Menguak Fakta