MAULID NABI

KPJ Merah Putih Sorot Pengelolaan Sampah

Banyuwangi, Jawara Post  – Komunitas Pejuang Jalanan (KPJ) Laskar Putih Banyuwangi, sangat perihatin akan keberadaan pengolahan sampah yang berada di tengah-tengah pemukiman penduduk.

Berdasarkan data dari KPJ Laskar Putih, lokasi pengolahan sampah yang sangat meresahkan warga sekitarnya itu berada di sebelah barat Stadion Diponegoro Kelurahan Penganjuran Kecamatan Kota Banyuwangi.

Menurut M. Yunus, Panglima KPJ Laskar Putih, keberadaan pengolahan sampah tersebut sangat mengganggu kesehatan juga lingkungan sekitar.
”Jangan mentang-mentang belum ada warga yang meninggal karena sampah itu. Yang jelas lokasi pengolahan sampah ini sudah tidak layak berada di tengah pemukiman warga”, Ungkap M. Yunus.

Karna itu, lanjut M. Yunus, pihaknya mendesak Bupati Banyuwangi untuk segera menginstruksikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi untuk segera memindahkan lokasi pengolahan sampah yang ada. Karena sudah tidak layak, apalagi Banyuwangi kini tengah menjadi daerah tujuan wisata.

”Hal ini kesan sangat kontraproduktif dengan kebijakan yang ada. Selain bisa menjadi sumber penyakit, juga dapat mengganggu pemandangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi”, imbuhnya.

Untuk itu M.Yunus, mengingatkan kembali agar Pemkab. Banyuwangi benar-benar memperhatikan sikap KPJ Merah Putih bagaimana segera memindah lokasi pengolahan sampah tersebut.
”Jika tidak segera memindahkan lokasi itu, kami akan bertindak sendiri,” tegasnya.

M Yunus BWI

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi, Khusnul Khotimah, ketika dikonfirmasi via WhatsAppnya, justru balik meminta kepada KPJ Larkar Putih untuk mencarikan lokasi yang bisa untuk relokasi pengolahan sampah itu.
Menurut Khusnul Khotimah, tempat tersebut merupakan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).
”Sehingga itu bukan seperti TPA. Tempat itu juga dikelolah kelompok,” jelasnya.

@ Dhon



Menyingkap Tabir Menguak Fakta