Masjid Agung Besuki Akan Ramah Difabel

BESUKI, Jawara Post— Paguyuban e-warung Kecamatan Besuki menyalurkan bantuan perangkat bagi warga jamaah Masjid Besar Baitur Rahmsn Besuki khususnya yang difabelitas, Sabtu 8 Agustus 2020.

Selain kursi roda dan tongkat bagi kaum difabel, Paguyuban e warong Besuki, bunaan Dinsos Situbondo ini juga menyumbang semen untuk pembangunan masjid.

Sutomo, Kordinator e -Warung Kecamatan Besuki menuturkan bahwa masjid Baitur Rahman satu satunya yang ramah disabilitas adalah Masjid Besar Baitur Rahnan Besuki.

“Mungkin ini satu satunya masjid yang ramah disabilitas. Konsep bangunan juga akan tersedia kamar mandi dan berwuduk bagi difabel, makanya kami bantu dengan perangkat seperti kursi roda dan tongkat,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Sosial, Abu Bakar Abdi hadir dan menyampaikan bahwa giat e-Warung Kecamatan Besuki itu akan memantik dan dapat di tiru oleh e-Warung kecamatan lain untuk berbagi kisah dan kasih dengan kaum difabel.

“Dinsos dan e-Warung peka akan kebutuhan difabel, maka kami bantu kursi roda dan tongkat dengan sistem diawasi, perangkat tetap stand by di Masjid ini,” tegasnya.

Bantuan tersebut di terima langsung oleh DR. H. Haironi Hdayat selaku ketua Takmir. Haironi menegaskan pula bahwa proses pembangunan akses bagi jamaah difabel akan segera digarap.

Kaum disabilitas akan lebih mudah beribadah dengan fasilitas yang disediakan di masjid Besar Baitur Rahman.

“Akses ada dua, sisi selatan untuk muslimat difabel dan sisi kanan untuk jamaah difabel muslimin,” katanya.

Dalam giat penyerahan bantuan oleh Dinsos dan e-Warung Kecamatan Besuki ini, pada saat itu juga bagi-bagi masker pada warga dan jamaah yang tak memakai masker.

Sementara, Abu Bakar Abdi yang juga Cawabup Situbondo memperjelas bahwa giat tersebut merupakan bentuk kepedulian bukan dalam rangka kampanye terselubung.

“Belum pengunduran diri, mungkin minggu depan hal itu terlaksana,” pungkasnya.

Redaksi



Menyingkap Tabir Menguak Fakta