Pasien CORONA Bisa Sembuh Tanpa Bantuan Medis, Jika Tubuh Mampu Bertahan 14 Hari

DUNIAKUJawara Post—Memang corona membuat warga Indonesia panik bukan main. Bagaimana tidak panik, penularan virus ini tak kasat mata. Sama saja kita melawan musuh yang tidak terlihat sama sekali. Terlihat jika corona sudah menjangkiti korban.

Ikatan Dokter Indonesia Beberkan Kabar Baik Bagi Indonesia, Orang Terjangkit Corona Bisa Sembuh Sendiri Tanpa Bantuan Medis

Ada kabar baik dari Ikatan Dokter Indonesia atau IDI, organisasi profesi dokter di Tanah Air, soal Virus Corona atau Covid-19. Ternyata virus penyebab Covid-19 itu bisa mati dengan sendirinya di tubuh manusia yang terpapar.

Demikian disampaikan anggota Dewan IDI Abidinsyah Siregar. Ia mengungkapkan bahwa Virus Corona yang menular ke tubuh individu berpotensi bisa mati dengan sendirinya.

Hal ini bisa terjadi jika sudah melalui 14 hari masa inkubasi virus yang menyebabkan Covid-19 itu. Akan tetapi, sistem kekebalan imun individu yang telah tertular Virus Corona dipertaruhkan selama masa inkubasi 14 hari.

Abindinsyah menjelaskan proses yang terjadi saat tubuh terinfeksi Virus Corona.  Hal paling penting, perilaku virus adalah mempertahankan kehidupan tergantung inangnya.

“Ada yang berinang di nyamuk, ada yang di burung, sekarang Virus Corona kan semestinya berinang di hewan yang sebelumnya menjadi inang,” ujar Abidinsyah, Sabtu (18/4/2020).

Dalam kondisi saat ini, Virus Corona ingin bertahan hidup di tubuh manusia. Kemudian, kata dia, yang disasar adalah paru-paru manusia.

“Setelah menginfeksi, dengan cepat Virus Corona menyerang paru-paru sehingga ruang dalam paru-paru dikuasai. Hal ini menyebabkan individu gagal napas,” ucap Abidinsyah.

Proses ini terjadi sedemikian rupa. Selain itu, saat sudah menginfeksi, terjadi pertarungan antigen dengan antibodi di dalam tubuh.

“Pertarungan itu akan terjadi seperti lomba sprint. Virus akan bertahan selama 14 hari. Kalau lewat, virus sudah kehabisan kemampuan bertahan, lalu mati sendiri,”jelasnya.

Setelah itu, dia menyebutkan bahwa tubuh individu akan memunculkan kemampuan antibodi.

Akan tetapi perlu diingat bahwa selama 14 hari inkubasi tadi sistem imun tubuh dipertaruhkan,“kata Abindinsyah.

Dia pun mengingatkan bahwa saat ini belum ada obat dan vaksin untuk menyembuhkan atau mencegah Covid-19. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan masyarakat adalah menyingkirkan sumber penularan dengan orang-orang yang berpotensi tertular.

“Itu terpaksa kita lakukan dan hanya itu yang bisa kita lakukan sekarang,” kata dia.

Hingga saat ini, penyebaran Virus Corona sudah terjadi di semua provinsi yang ada di Tanah Air.

By Seto Ajinugroho,



Menyingkap Tabir Menguak Fakta