PimpPrus PT Jawara Pos Group

RADAR ARJUNO : LANSIA DICYDUK KEDAPATAN NGEMALING

PROBOLINGGO, Jawara Post – Komplotan pencuri emas berusia lanjut (lansia) ditangkap warga saat melancarkan aksinya di sebuah toko emas di Jalan Panglima Sudirman, Kota Probolinggo. Mereka mencuri dengan berpura-pura menjadi pembeli.

Para pelaku nyaris dihakimi massa lantaran berusaha kabur usai berhasil membawa sebuah kalung emas seberat 50 gram senilai Rp 20 juta. Beruntung petugas kepolisian segera datang dan langsung mengamankan para pelaku.

Guna menghindari amuk massa, seluruh pelaku yang terdiri dari 5 perempuan dan 2 laki-laki itu langsung digelandang ke Mapolresta Probolinggo. Kepada polisi, penjaga Toko Emas Walet, Maya bercerita mengenai modus para pelaku dalam menjalankan aksinya.

Menurut Maya, salah seorang pelaku pura-pura membeli kalung emas yang diincar. Sementara pelaku lainnya membuat korban atau penjaga toko kebingungan.

Foto detik.com

“Jadi satu orang tanya kalung emas kepada saya Pak, lalu kalung itu ia berikan ke temannya dengan maksud untuk mengeceknya. Dan begitu seterusnya hingga orang terakhir,” kata Maya, Senin (11/3/2019).

Karena banyak perhiasan yang dipilih pelaku, tanpa Maya sadari ada kalung yang dimasukan ke kantong mereka. Maya mengetahui ada kalung yang hilang setelah para pelaku meninggalkan toko.

Para pelaku yang ditangkap yakni Norma dan Sulasiah Asal Magelang, Artasia dan Djamilah asal Banjarmasin, Rusli asal Kalimantan dan Sumiarsih asal Gresik.

Dari identitas yang diamankan petugas, diketahui pelaku rata-rata berusia di atas umur 50 tahun. Kasat Reskrim Polresta Probolinggo, AKP Nanang Efendi mengatakan, dalam aksinya pelaku menggunakan jasa rental mobil. Kendaraan tersebut mereka gunakan untuk kabur saat berhasil menggondol barang yang diincar.

Nanang menambahkan, meski belum jelas ada tidaknya keterlibatan dengan para pelaku, sang sopir rental tetap menjalani pemeriksaan petugas. “Sementara kita periksa dulu pelaku dan sopir rentalnya. Untuk korban kita juga tengah memintai keterangan. Dan untuk barang bukti, telah kita amankan,” pungkasnya.

Fauzi Jp



Menyingkap Tabir Menguak Fakta