RADAR BESUKI : ARTIS DA2 DANANG SUMBANG 10 JUTA PENGEMBANGAN SENI & BUDAYA LAPAS II B BANYUWANGI

Reporter : Dhonny Martha

BANYUWANGI, Jawara Post– Pradana Dieva, S.Ikom alias Danang, sumbang 10 juta rupiah bagi pengembangan seni dan budaya warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas IIB Banyuwangi. Sumbangan tersebut sebagai bentuk apresiasi penyanyi yang pernah menjuarai Dangdut Asia sebuah televisi nasional.

Menurut Danang, keputusan untuk menyisikan rejekinya itu, setelah menyaksikan secara langsung kemampuan bermain musik WBP Lapas IIB Banyuwangi, rabu (3/10) siang.

Selain musik Pop , Reggae, Akuistik, dan musik kolaborasi Etnik Banyuwangi, Lapas IIB Banyuwangi, di masa kepemimpinan Ketut Akbar Herry Achjar ini, juga mampu membina para WBP menjadi penyanyi.

Selain kesenian musik, Lapas IIB Banyuwangi juga mampu mendidik warga binaan melalui berbagai ketrampilan, seperti kerajinan tangan, membatik, perbengkelan, dan budidaya ikan.

Sebelum memberikan apresiasi dukungan pengembangan seni dan budaya, danang juga sempat membawakan beberapa lagu Banyuwangi, diantaranya Boso Moto, dengan iringan musik Band Kapok Lapas IIB Banyuwangi.

Acara yang dikemas sederhana itu, cukup menghibur ratusan WBP Lapas IIB Banyuwangi.

“Mudah-mudahan dengan bantuan dana yang sudah saya berikan itu, dapat membantu pembinaan warga Lapas IIB Banyuwangi, khususnya perkembangan seni musik,” ujarnya.

Disela kunjungannya untuk menghibur warga binaan, Danang menyempatkan untuk berinteraksi dengan warga binaan di dalam ruang tahanan. Melihat kondisi ruang tahanan yang over kapasitas, danang terharu dan tidak bisa membayangkan bagaimana warga binaan saat tidur, mengingat kapasitas lapas yang seharusnya dihuni sekitar 250 orang, harus dipaksakan untuk menampung 1085 orang WBP.

“Saya berharap pemerintah segera turun tangan untuk permasalahan over kapasitas yang terjadi di Lapas IIB Banyuwangi ini, sebab sangat rawan akan gejolak. Namun, dengan segala kegiatan positif yang ada didalam Lapas IIB Banyuwangi ini dapat membuat suasana aman dan nyaman sehingga kondusifitas di dalam lapas dapat terjaga, ” ungkapnya.

Selain Danang, juga tampil beberapa penyanyi Banyuwangi dan artis Band Kapok yang seluruhnya warga binaan perempuan Lapas IIB Banyuwangi.

Sementara itu, Kalapas Ketut Akbar Herry Achyar sangat berterima kasih atas kepedulian artis Nasional warga Banyuwangi itu, akan kondisi di dalam Lapas IIB Banyuwangi.

Menurut Kalapas, Kedatangan Danang untuk menghibur WBP sangat membantu untuk membuat suasana Lapas lebih kondusif.

“Saya mewakili Lapas IIB Banyuwangi mengucapkan terimakasih atas kepedulian dan bantuan dana untuk kemajuan seni musik di Lapas IIB Banyuwangi. Mudah-mudahan dengan dana ini, dapat kami gunakan untuk menambah maupun perawatan alat musik yang ada,” pungkasnya.

Donny

Biro Banyuwangi



Menyingkap Tabir Menguak Fakta