MAULID NABI

RADAR BESUKI : Enam Desa Berebut Jadi Juara Lomba Desa

SITUBONDO, Jawara Post– Lomba desa tahun ini sudah masuk penilaian lapangan. Ada enam desa masuk enam besar dan sedang dilakukan penilaian lapangan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Keenam desa ini akan dipilih tiga desa menjadi juara I, II dan III.

Enam desa tersebut yaitu Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih. Desa Seliwung, Kecamatan Panji. Desa Tamansari, Kecamatan Sumbermalang. Desa Sumber Tengah, Kecamatan Bungatan, serta Desa Jangkar dan Desa Kapongan.

Menurut Kabid Pembangunan Desa, Jupri Triwidagdo, penilaian lapangan enam desa tersebut sudah dilakukan sejak tanggal 22 April lalu. Sudah ada empat desa selesai dilakukan penilaian, sedangkan dua desa tersisa akan dilakukan penilaian 25 April mendatang.

Jupri menambahkan, enam desa ini masuk enam besar setelah sebelunnya dilakukan penilaian administrasi dan persentasi. Dari enam desa tersebut akan dipilihan juara I, juara II dan juara III. Untuk juara I akan mendapat hadiah uang pembinaan sebesar 60 juta. Juara II sebesar 55 juta dan Juara III sebesar 50 juta.

Jupri menambahkan, lomba desa tahun ini sebenarnya memadukan dua lomba sekaligus, yaitu lomba tentang desa meliputi Pemerintahan desa, kewilayahan serta pelayanan Masyarakat. Sedangkan bentuk lomba lainnya yaitu evaluasi 10 program pokok PKK.

Menurut Jupri, lomba desa ini sebagai bentuk evaluasi perkembangan desa. Untuk lomba 10 program pokok PKK akan dipilih enam desa mendapatkan hadiah pembinaan. Pemberian hadiah akan diberikan saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi).

Zaini zen



Menyingkap Tabir Menguak Fakta