RADAR BESUKI : Langkah Cepat Pemkab Tangani Dampak Gempa

JEMBERJawara Post Gempa semalam di Kabupaten Situbondo yang berkekuatan 6,4 Skalaricher berdampak ke Kabupaten Jember, setidaknya 6 dari 31 Kecamatan di Jember mengakibatkan banyaknya rumah dan bangunan yang roboh, rusak berat dan rusak ringan, kamis (11/10/2018).

Menurut Plt Kabag Humas Pemkab Jember Ir. Herwan Agus Darmanto bahwa berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember sekitar 6 Kecamatan yang mengalami dampat Gempa semalam di Situbondo. “Kecamatan Arjasa sekitar 2 rumah dan 1 ruangan Intelkam Polsek Arjasa, Sukorambi ada 11 rumah, Mumbulsari sekitar 1 rumah, Kaliwates sekitar 11 rumah dan 1 musholla, Tempurejo sekitar 1 rumah, dan Patrang sekitar 1 rumah,” katanya.

Wilayah-wilayah tersebut telah ditangani dengan cepat oleh Muspika Kecamatan yang bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Jember. “Korban jiwa sampai saat ini masih Nihil cuma kerugian sekitar 10 juta,” kata Herwan yang juga Camat Arjasa.

Pihak Kecamatan lain yang tidak terdampak dari gempa Situbondo terus memantau kondisi masyarakat, dan Camat-camat juga bergerak cepat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena gempa Situbondo. “Teman-teman camat terus bergerak untuk mencari info masyarakatnya sehingga diketahui keadaan dimasing-masing wilayahnya,” tutur Camat Arjasa.

Semua bergerak, mulai dari BPBD, Dinsos, Camat serta Muspika, seperti contoh seperti Kecamatan Arjasa besok langsung mulai kerjabakti di lokasi dampak gempa Situbondo, yaitu merekontruksi rumah warga yang rusak tersebut. “Untuk anggaran kita tidak bergantung dari APBD, melainkan dari Muspika Kecamatan Arjasa sudah mengambil tindakan cepat bagaimana rumah-rumah tersebut kembali seperti semula,” tegas Herwan.

Samsul Indikator

Biro Jember



Menyingkap Tabir Menguak Fakta