RADAR JAYAPURA : Pertamina Pastikan Penyaluran BBM dan PLN Pulihkan Listrik Pasca Banjir

PAPUAJawara Post Pasca banjir bandang melanda wilayah Kabupaten Jayapura dan sekitarnya, Sabtu malam, 16 Maret 2019, pihak pertamina turun memastikan seluruh fasilitas pemasaran mereka dalam kondisi aman, terutama Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sentani.

Unit Manager Communication dan CSR Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho menjelaskan, ada satu fasilitas pemasaran Pertamina di wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura, yaitu Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sentani dalam kondisi aman dan beroperasi secara normal.

Menurut Brasto, pasca bencana banjir bandang, DPPU Sentani terpantau dapat menjalankan aktivitas penerimaan, penimbunan, dan penyaluran bahan bakar pesawat Avtur secara normal dan aktivitas tak terganggu.

“Selain itu, dua SPBU Reguler dan satu gudang LPG di Sentani, Kabupaten Jayapura dilaporkan tetap beroperasi dan tak ada kerusakan. Kami senantiasa memastikan kegiatan penyaluran berjalan dengan lancar,” ungkap Brasto, Minggu, 17 Maret 2019.

Sedangkan dua SPBU Reguler di Sentani, Jayapura adalah SPBU 84.993.01 di Jalan Kemiri Sentani dan SPBU 84.993.02 di Jalan Raya Hawai Sentani. Kedua SPBU tersebut juga menyediakan LPG.

“Selain memastikan aktivitas penyaluran BBM, LPG dan bahan bakar pesawat tersebut, kami juga memberikan bantuan kepada korban bencana banjir bandang Sentani. Kami tentu saja berduka dan bersimpati kepada warga yang terkena dampak bencana ini,” tutur Brasto.
PLN gerakkan delapan tim pulihkan pasokan listrik pasca banjir Sentani. (Foto dok PLN)

PLN Kerahkan Delapan Tim Pulihkan Jaringan Listrik

Akibat sejumlah fasilitas jaringan listrik milik PLN rusak parah diterjang banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, sejumlah lokasi mengalami pemadaman aliran listrik. Untuk itu PLN mengerakkan delapan tim dengan total 52 personil untuk pulihkan pasokan listrik.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Ari Dartomo mengatakan, pada hari pertama, tim fokus memulihkan jaringan listrik yang terdampak seperti daerah Sentani, Depapre, Genyem dan lainnya. “Kami fokuskan tempat vital seperti posko penanggulangan bencana, dan rumah sakit,” katanya, Minggu sore, 17 Maret 2019.

Menurut Ari, selain mengerakan tim, pihaknya juga membuka posko perbaikan teknis yang berada di Kantor ULP PLN Sentani, guna memperlancar proses pemulihan. “Untuk besok, kami sudah persiapkan kurang lebih 90 personil perbaiki infrastruktur. Saat ini kami juga sedang melakukan pengecekan material apa saja yang dibutuhkan,” jelasnya.

Diharapkan untuk hari ini, beberapa lokasi dapat kembali terlistriki meskipun belum optimal. “Kami PLN mohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan yang terdampak banjir bandang dan sementara belum dapat dialiri listrik. Mohon doa dan dukungannya agar secepatnya pasokan listrik kembali pulih dan para tim diberi kesehatan dan keselamatan dalam proses pemulihannya,” katanya.

Data dari pihak PLN, lokasi yang terkena dampak diantaranya, BTN Doyo Grand, BTN Polda, BTN Pemda, BTN Doyo Kolam, Jalan Doyo Baru, RS Yowari, Kantor Polres Jayapura, Doyo Bambar, Kali Ular, Doyo Kompi, Doyo Transad, Kertosari, Girirejo, Maribu, dan Waibron.

Juga Depapre, Tablanusu, Tablasupa, Amai, Dormena, Jalan Kemiri, Akuatan, Tabita, Pasar Baru, Jalan Sosial, BTN Sosial, HIS, SIL, Kampung Sereh, Hotel Horex, Rindam Ifar Gunung, Jalan Lintas Utara sampai belakang Kantor Bupati, Doyo Lama, Kehiran, Kwadeware, Sosiri, Kanda, Yakonde dan Boroway.

Qadri Pratiwi



Menyingkap Tabir Menguak Fakta