RADAR NTB : Danrem 162/WB Bertindak Selaku Irup Upacara Peringatan Hari Ibu Indonesia

Mataram NTB. Jawarapost.com – Korem 162/WB menggelar upacara Peringatan Hari Ibu Indonesia ke 90 tahun 2018 di Lapangan Yonif 742/SWY yag diikuti seluruh anggota Korem, Kodim 1606/Lobar, Yonif 742/SWY beserta jajaran se Garnizun Mataram, Sabtu (22/12).

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Ibu Yohana Yembise menyampaikan hari lbu lndonesia Lahir dari pergerakan bangsa Indonesia. Dalam pergerakan kebangsaan kemerdekaan, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaanya.

“Keterlibatan perempuan dibuktikan melalui Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta yang telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia. Hakekat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda akan artidan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia,” jelasnya

Untuk itu lanjutnya, sebagai apresiasiatas gerakan yang bersejarah itu, ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional bukan hari libur.

“PHI juga diharapkan mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan berbagai sektor pembangunan. PHI juga diharapkan dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan. Di lain sisi juga memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan yang dimilikinya. Saat ini bahkan terbukti perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change),” harap Menteri PPPA.

Peringatan Hari Ibu  ke 90 tahun 2018 tersebut mengangkat tema “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan Dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa”.

Lalu Muhasan NTB



Menyingkap Tabir Menguak Fakta