Disini Kupijak Bumi Merdeka

RADAR NTT : Sungai Noelmina Meluap, Akses Kendaraan Terputus

KUPANGJawara Post –Hujan selama sepekan yang mengguyur wilayah Oemolo dan sekitarnya, membuat  kali Noelmina meluap dan merusak jalan sepanjang 50 meter  di Desa Oemolo, Kecamatan Amabi Oefeto Timur Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Akibat terputusnya jalan sekitar  50 meter akibat  terkikis banjir sungai Noelmina. Kejadian tersebut menyebabkan arus transportasi darat baik motor maupun mobil tidak bisa lagi melewati jalur itu.

Hal ini dikatakan Kepala Desa Oemolo, Kornelis H Babys kepada Obor-nusantara.com melalui sambungan  telepon, Kamis, 8 Februari  2019.

”Dari Tanggal 1 februari banjir kali noelmina kasi rusak japan  50 meter, menuju ke SD  dan SMP TINIS DESA OEMOLO.Jalan ini menghubungkan Desa Oemolo, kecamatan Amabi Oefeto Timur  dan Enoraen Amarasi Timur,” sebut Kades.

Kades juga mengaku bahwa masyarakat  setempat tidak bisa lagi melewati ruas jalan tersebut terutama siswa siswi yang bersekolah di SDN Tinis dan SMPN di wilayah Amabi Oefeto Timur.

“Jalan sudah refak jadi anak-anak yang mau ke sekolah tidak bisa lewat lagi.Sekarang kami buka jalan alternatif  lewat  hutan khusus  bagi anak sekolah”katanya

Menurut kades, status  ruas jalan yang putus adalah jalan kabupaten yanh dibangun sekitar tahun 90 An.

Selain merusak ruas Jalan di Oemolo,Banjir juga merusak Kebun PKK Desa dan juga memaksa 2 unit rumah warga  dibongkar  dan dipindahkan.mengingat Kikisan banjir sudah mendekati Pemukiman  warga sekitar 20 meter.

Kades berharap  perhatian pemerintah  kabupaten Kupang  untuk  menanggapi bencana yang terjadi di Oemolo dengan membangun  bronjong disepanjang  jalan dipinggir sungai Noelmina.

“Tahun lalu,Saya sudah bersurat dan menyampaikan  langsung  kepada Pemerintah Kabupaten.taoi tidak ada tanggapan  sama sekali.kami juga sudah sampaikan itu kepada lembaga DPRD, tapi sampai hari ini belum  ada jawaban pasti”Tutup Kades.

Kenzo NTT



Menyingkap Tabir Menguak Fakta