RADAR SULAWESI : Pemda Mulai Menata Perkantoran Bumi Praja Laworo

MOBAR, Jawara Post—Pada tahun anggaran 2019 pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mengalokasikan anggaran pembangunan kanal pada kawasan perkantoran Bumi Praja Laworo.

Surachman, Kepala bidang sumber daya air dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mubar, menjelaskan bahwa kanal ini selain bertujuan sebagai ornamen pengendali banjir pada kawasan tersebut juga dimaksudkan untuk penataan areal kawasan perkantoran Bumi Praja Laworo.

“Sesuai petunjuk Bupati bahwa nanti akan dibangun dengan konsep eco government dalam arti bahwa desain perkantorannya akan mempertimbangkan kontur geografis kawasan tersebut,” kata Surachman, Rabu (9/1/2019).

Menurutnya, saat ini pada kawasan perkantoran itu terdapat kali alam yang melintasi kawasan tersebut sehingga perlu ditata dan dipaduserasikan dengan konsep bangunan perkantorannya. Harapannya kanal tersebut juga memiliki fungsi rekreasi dan budidaya.

Disebutkannya, Disisi kiri dan kanan kanal nantinya akan dibangun jalur pejalan kaki dan dibagian depan akan ada patung kuda.

“Konsep ini sesuai visi dan misi Bupati Mubar yang ingin menghadirkan Kawasan Perkantoran yang berkualitas dan ramah lingkungam serta sesuai dengan kearifan lokal setempat,” jelasnya.

Dirinya memastikan, Rencana tersebut telah diplot melui APBD Tahun 2019. “Saat ini tengah didesain dan Insya Allah dapat dilakukan lelang secepatnya,” pungkas Surachman mengakhiri.

Denis Mona



Menyingkap Tabir Menguak Fakta