RADAR SUMATERA : 3 Orang Bocah Tak Berayah, Ibu Dipenjara

MEDAN, Jawara Post —Kisah ini sungguh memilukan dan mengundang rasa prihatin yang sagat dalam. Betapa tidak, ditengah penegakan hukum, ada sisi yang kadang dilupakan, padahal itu merupakan atensi kemanusiaan dan hak terhadap anak dibawah umur. Apa gerangan.. berikut sajian terurai diambil dari isi video Vj O’neal

“Hallo siapa nama mu, nak….,” kata seseorang dari balik kamera Vidio. Kepada seorang anak laki laki berusia sekitar 12th. Sianak sedang duduk bertelanjang dada mengenakan celana pendek dekat pintu rumahnya. Suara laki laki dibalik kamera Vidio itu, entah siapa namanya, apakah dia Vj O’neal?

Klik video ini 

https://web.facebook.com/VjOneall/videos/306219910152395/

 

Bisa jadi bukan Vj O’neal nama lelaki itu, belum bisa saya pastikan, yang pasti Vidionya diunggah oleh akun Facebook dengan akun Vj O’neal. Pertanyaannya terkait nama, dijawab oleh anak lelaki tersebut singkat. “Frengki”

Lelaki yang mengambil Vidio itu lebih lanjut bertanya kepada anak lelaki yang mengaku bernama Frangki itu.

“Ayahmu mana nak?”

“Meninggal,” jawab anak lelaki yang ditanya.

“Meninggal?” Pengambil Vidio mengulang untuk mempertegas jawaban anak lelaki itu dan dijawab dengan anggukan kepala.

“Ibu mu?”

“Dipenjara,”

Jadi siapa yang ngasih kalian makan?

“Tidak ada, kami kerja la.. Mengamen,”

“Siapa yang jaga adikmu kalau kamu ngamen?”

“Saya dan ganti ganti dengan adik saya.”

Dalam Vidio yang berdurasi sekitar 37 detik, kelihatan juga dibelakang Frengki seorang anak kecil sedang tidur pulas diatas lantai semen tanpa tikar.

Tidak diketahui jenis kelamin anak kecil yang sedang tidur, tapi bisa diperkirakan sekitar 2,5 s.d 3,5 tahun itu.

Balita yang sedang tidur pulas itu dapat dipastikan adik dari Frengki yang mengaku dia yang cari duit untuk biaya keluarga sejak mamak (ibunya) masuk penjara dan ayahnya meninggal dunia.

Tidak terungkap dalam Vidio itu kasus apa yang telah melilit ibunya sehingga jadi narapidana.

Direspon Cepat Kapolda

Ketika hal ini saya informasikan langsung kepada Kapolda Sumatera Utara, Irjenpol Agus Adrianto SIK MH bahwa ada anak yang perlu mendapat perhatian dari semua pihak terutama KPAI, Kapolda langsung merespon.

“Besok saya sambangi rumah anak tersebut, Uda, malam ini saya minta agar Kapolrestabes mencari alamat rumah anak-anak tersebut,” tambah Kapolda yang sensitif jika mendengar kisah kisah derita anak seperti diatas…

Alamat sianak ditulis oleh Vj O’neal adalah di Kelurahan Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan.

Yuharzi Yunus



Menyingkap Tabir Menguak Fakta