MAULID NABI

RADAR SUMATERA : Camat Kalianda Imbau Masyarakat Sadar Pajak

LAMSELJawara Post—Peningkatan  PAD  tersebut tentu berimplikasi pula pada peningkatan kesejahteraan lam-sel, mengingat pajak ini akan dikembalikan kepada rakyat. Itulah Esensinya pajak berprinsip dari rakyat.

Oleh rakyat dan untuk rakyat. Untuk itu sekali saya menghimbau kepada masyarakat,Taat pajak agar segala target pencapaian PAD dapat meningkat dan dapat direalisasikan terhadap pembangunan masyarakat.

Baca juga  : RADAR SUMATERA : Tertimpa Ranting Pohon, Bocah SMP Meregang Nyawa

Salah satu kecamatan yang terus menggali potensi PAD tersebut adalah Kecamatan Kalianda yang berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan PAD. Utamanya dalam hal PBB, jika kita cermati wilayah kecamatan kalianda cukup luas,jika PBB di bayar oleh masyarakat secara menyeluruh dan tepat waktu saya yakin,  PAD,  pemda Lampung Selatan (Lamsel) dapat meningkat.

Camat Kalianda, Erdiansyah, SH, MM menyatakan bahwa pajak merupakan sumber penerimaan negara yang sangat penting bagi pembangunan nasional, demi untuk kemakmuran dan kesejahtraan rakyat. Oleh sebab itu, perlu peningkatkan peran serta masyarakat dengan cara menghimpun dana melalui berbagai objek pajak sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Pasalnya, itu salah satu sumber pendapatan daerah  (PAD). Pendapatan diantaranya adalah berupa dana perimbangan yang terdiri atas bagian daerah dari penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB). Seharusnya PBB dapat ditingkatkan dengan mengevaluasi hasil kerja, serta pelaksana, yaitu aparat desa.

Untuk itu, kepada masyarakat khususnya Kecamantan Kalianda,  segera mengevaluasinya. Sehingga partisipasi masyarakat sebagai wajib PBB yang masih kurang, partisipasi naik jadi golongkan sedang.  “Upayakan bayar pajak baik pajak bumi dan bangunan maupun yang lainnya,” tegasnya.

Kata Erdiansyah, untuk penguatan motivasi sumber daya manusia (SDM), perlu adanya terobosan. Potensi objek pajak sangat besar, utamanya di sektor restoran dan hotel. Keberadaan laskar peduli pajak yang bertugas melakukan pengecekan di lapangan, memantau transaksi secara langsung mampun tidak, telah memberikan efek yang besar terhadap Peningkatan PAD.

“Kita juga punya inovasi lain smart touch dan smart tax, dengan menekankan permanfaatan teknologi dalam kemudahan pembayaran pajak. Semua itu dilakukan agar efektip dan efisian. Jika semua berjalan, maka penerimaan PAD akan terus meningkat,” tukasnya.

Syaipul

Biro Lampung Selatan



Menyingkap Tabir Menguak Fakta