RADAR SUNDA : Harga Terigu dan Kedelai Naik, Bumbu Masak Turun

PANDEGLANG,  Jawara Post – Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika diduga telah mengakibatkan harga bahan makanan di Pasar Badak, Kabupaten Pandeglang, mengalami kenaikan.

Rijal, pedagang di Pasar Badak Pandeglang,  menuturkan, salah satu bahan makanan yang mengalami kenaikan adalah terigu, efeknya juga berimbas pada makanan lain yang terbuat dari bahan dasar terigu.

Rijal mengaku, sebelum mengalami kenaikan biasanya ia menjual terigu seharga Rp5.500 per kilogram, namun setelah mengalami kenaikan ia menjualnya seharga Rp6.000 dengan keuntungan yang sangat minim. Namun untuk bumbu dapur diakui Rijal mengalami penurunan harga.

“Terigu, bihun, kerupuk, pokoknya bahan yang terbuat dari tepung naik semua. Tapi kalau hasil bumi kaya cabe, bawang pokoknya bumbu basah menurun,” bebernya, Rabu (12/9/2018).

Selain terigu, kacang kedelai juga mengalami kenaikan harga. Ia berharap pemerintah dapat menstabilkan harga kembali sesuai dengan daya beli masyarakat.

“Kacang Kedelai naik Rp10 ribu, pasti konsumen ngeluh pelanggan juga pada ngeluh jadi menjualnya repot juga sih. kadang-kadang pelanggan ada yang pindah dulu,” ujarnya.

@Red


TAG

Menyingkap Tabir Menguak Fakta