PimpPrus PT Jawara Pos Group

RADAR SUNDA : Warga Resah Diserang Komplotan Monyet Liar

SERANG BANTENJawara Post– Warga Kampung/Kelurahan Unyur, Kota Serang dibuat resah oleh kawanan monyet ekor panjang yang berkeliaran di pemukiman. Berdasarkan informasi, beberapa warga juga kerap diserang monyet liar tersebut.

Warga kemudian melaporkan kasus penyerangan monyet tersebut ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Jawa Barat Wilayah I Serang. Pada Kamis (4/7/2019), petugas BKSDA kemudian membuat perangkap untuk menangkap monyet tersebut.

Warga yang melapor Deden Abdul Kodir mengatakan, masyarakat sangat khawatir dengan keberadaan monyet yang berkeliaran.

“Yang agak brutal itu monyet yang besar, itu yang suka nyerang anak-anak sama ibu-ibu yang nyuci di kali Banten. Ibu-ibu juga yang mengeluhkan atas ketidaknyamanannya terhadap monyet liar ini,” katanya.

Kepala Resort Wilayah III BKSDA Serang Tuwuh Rahardianto mengatakan, pemasangan perangkap tersebut untuk menangkap monyet yang sudah membuat resah warga sekitar. Bahkan selama satu minggu ini sudah ada tiga anak yang menjadi korban penyerangan monyet ekor panjang.

“Kemarin itu kami mendapat laporan warga, katanya ada monyet liar yang agresif membuat resah warga. Bahkan ada seorang anak kecil yang mengalami luka sobek di tangan kiri serta punggungnya akibat cakaran monyet, dan mendapat 12 jahitan. Jadi hari ini kami langsung ke lokasi dan memasang kandang jerat,” katanya.

Menurut laporan yang diterimanya, monyet ekor panjang itu berjumlah tiga ekor. Dengan ukuran dua ekor kecil, dan satu ekor berukuran cukup besar.

“Dari tiga ekor ini yang paling agresif adalah monyet ukuran besar dan sepertinya berdasarkan pengakuan warga, monyet ini berjenis kelamin laki-laki,” ucapnya.

Untuk sementara ini pihaknya akan memasang perangkap terlebih dahulu untuk menangkapnya. Apabila sulit untuk ditangkap dan perangkap tidak berpengaruh, monyet tersebut akan ditembak bius.

Rizki Putri/red



Menyingkap Tabir Menguak Fakta