Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D

SIAPAKAH FIRLI BAHURI YANG TERPILIH JADI PIMPINAN KPK

NUSANTARAJawara Post—Irjen. Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si. adalah tokoh polisi Indonesia. Saat ini ia menjabat sebagai ketua KPK 2019-2023 Firli tercatat pernah menjabat sejumlah jabatan penting.

Komisi Pemberantasan Korupsi disingkat KPK, di dirikan pada Ta. 2002 Dasar hukum pendirian adalah Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 ber Sifat Independen

Irjen Pol Firli Bahuri, Ia pernah menjabat ajudan Wakil Presiden RI Boediono.
Lahir:   8 November 1963 (usia 55 tahun), Prabumulih
Kebangsaan :  Indonesia
Pangkat  : Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)

Irjen Firli Bahuri lahir di Lontar, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 8 November 1963. Saat ini Firli menjabat Kapolda Sumatera Selatan.

Firli merupakan lulusan Akademi Polisi (Akpol) pada tahun 1990. Prestasinya di korps Bhayangkara terukir ketika menjadi Kapolres Persiapan Lampung Timur pada 2001. Firli juga tercatat sempat menjadi Wakapolres Metro Jakarta Pusat (2009), ajudan Wakil Presiden Boediono pada 2012, dan Kapolda Nusa Tenggara Barat pada 2017.

Firli bukan orang baru di lembaga antirasuah. Pada 2018, ia sempat menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK. Namun, hanya bertahan selama setahun, Firli kembali ditarik ke Mabes Polri karena dianggap dibutuhkan organisasi Polri.

Ada catatan kontroversial yang dialamatkan kepada Firli saat menjabat Deputi Penindakan KPK. Saat itu, Firli diduga melanggar kode etik karena bertemu dan bermain tenis dengan Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB). Padahal, saat itu, TGB sedang menjadi saksi dalam salah satu kasus yang tengah diusut KPK.

Sosok Firli juga dianggap sebagian pihak cukup mengejutkan ketika mencalonkan diri, dan lolos tahap awal seleksi calon pimpinan KPK. Lebih lanjut, Firli juga masih terhitung baru menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Ia menjabat sejak 20 Juni 2019.

Redaksi JP



Menyingkap Tabir Menguak Fakta


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *