Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D

Tiga Pilar Jatibanteng Gelar AKRS Doakan Sersan Samin

JATIBANTENGJawara Post– Memang tidak begitu terkenal pejuang yang satu ini, lantaran berada dikawasan terpencil alias dipedesaan. SERSAN SAMIN, beliau dipercaya oleh masyarakat sekitar adalah seorang pejuang kemerdekaan republik indonesia (RI) 17 AGUSTUS 1945.

Berdasar cerita rakyat yang turun temurun, Sersan Samin gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan, serta beliau dimakamkan didekat SD Negeri 1 Weringinanom, Kecamatan Jatibanteng.
Guna mengenang jasa dan pengorbanannya, jajaran Muspika Jatibanteng menggelar AKRS (berkirim doa).

APEL KEHORMATAN dan RENUNGAN SUCI (AKRS) di area makam Sersan Samin, digelar bersana, Jum’at (16/08/2019) malam hari sekitar pukul 00. 15 WIB. “Ini wujud dari penghormatan kami kepada pejuang kemerdekaan atas jasa jasanya,” kata Iptu Sutanto, SH, Kapolsek Jatibanteng.

Sementara, Kapten Infantri Hadi Sucipto yang memimpin apel tersebut, mengaskan bahwa jasa pejuang kemerdekaan sangatlah mulia. Sebagai generasi bangsa dan pengisi kemerdekaan, patutlah memanjatkan doa bagi para pahlawan. “Semoga, semangat juang para pahlawan memotivasi amanah yang berada dipundak kita masing masing,” ucapnya.

Menurut Camat Jatibanteng Wira Mukti, SSTP. M.Si, menyampaikan bahwa AKRS ini rutin digelar tiap tahunnya untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa untuk Indonesia. Karena di Jatibanteng hanya ada 1 makam pahlawan, tepatnya di Desa Wringinanom, maka AKRS digelar disekitar makam Sersan Samin.

Sekadar diketahui, makam Sersan Samin berada disekitar makam umum warga Desa Wringinanom, tepatnya berdekatan dengan Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Weringinanom, Kecamatan Jatibanteng, Situbondo, Jawa Timur. Diatas makam dibangun monomen papan nama lengkap terpasang bendera merah putih.

Pantauan dilokasi, segenap jajaran ikut dalam AKRS malam Sabtu, malam 17 Agustus 2019 ini, mulai dari Camat bersama Staf Kecamatan, ada yang dari pemerintah desa, Kades bersama para kaur juga Linmas, serta Kepala Puskesmas Jatibanteng dan UPT Pendidikan Jatibanteng.

Danramil bersama staf dan anggota Babinsa, Kapolsek beserta anggotanya. Masing-masing ada Kanit Intel, Kanit Reskrim, Kanit Binmas, serta Babinkantbmas dan anggota piket (SPKT Polsek), serta hadir juga dari sejumlah elemen masyarakat.

Kuberpijak Dibumi Merdeka (Jawara Post)

Acara apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) kali ini berjalan khidmat dalam kesunyian pedesaan ujung selatan Kecamatan Jatibanteng. Wargapun begitu antusias mengikuti gelar AKRS ini, mulai dari tokoh masyrakat (tomas), tokoh agama (toga), serta tokoh pemuda setempat.

Dins/red/JP



Menyingkap Tabir Menguak Fakta