TOLAK HOAX DAN INTIMIDASI, PANWASCAM GELAR SOSIIALISASI

RADAR BESUKIJawara Post—Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Situbondo bersama Panwas Kecamatan Jatibanteng menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif tolak berita hoacs dan intimidasi bertempat di balai desa Jatibanteng, pada hari Rabu 25/11/2020.

Kegiatan ini diselenggarakan guna melawan berita hoax baik dimedia sosial maupun media komunikasi lainnya yang ada. Pasalnya, berita hoax dapat mempengaruhi dan mengintimidasi kemurnian demokrasi didalam masyarakat.

“Bersama rakyat awasi pemilu bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu,” kata Dini Meilia Meiranda, ketua Panwascam Jatibanteng.

Kegiatan sosialisasi kali ini, Bawaslu Kabupaten Situbondo bersama Pengawas Kecamatan Jatibanteng menggandeng sejumlah tokoh, mulai dari Anshor, Nahdatul Ulama, Pemuda, Muhamafdyah, serta elemen masyarakat lainnya.

“Hal ini dikarenakan marak berita hoax di Facebook dan Washapp yang berpotensi provokativ dan itu harus ditanggulangi bersama,” timpal Maskur Imam, Devisi HPP panwascam Jatibanteng.

Dalam paparan materi, Maskur menguraikan sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh pihak pihak tak bertanggung jawab dengan melakukan postingan berita hoax atau juga black campaign dengan modal akun bodong atau aspal.

Untuk itu, kata Maskur, masyarakat diharapkan jeli dan peka akan kabar dan informasi yang diterima, jangan langsung diterima atau diteruskan, namun upayakan ditelaah dulu.

“Usahakan dicek dulu sumber informasinya, jika informasi berupa berita, maka lihat dulu redaksi dan penerbitnya, agar supaya kita tidak mudah disesatkan dengan informasi tersebut,” ucapnya.

Harapan kami, masyarakat bijak dan jangan sampai mudah di intinedasi dalam pemilu kada (pilbup) mendatang. “Pemilih cerdas akan melahirkan pemimpin yang bermartabat,” tukasnya.

Sekadar diketahui, dalam sosialisasi kali ini, panwascam Jatibanteng menggelar nota kesepakatan atau penandatanganan deklarasi tolak hoax dan intimidasi.

Ada empat unsur yang terlibat, Bawaslu – NU – Ansor – Muhammadiyah dan LSM.

“Harapan kami, pelaksanaan pemilu kada (Pilbup) 09 Desember 2020 mendatang dapat berlangsung secara lancar dan minim pelanggaran,” tegas Dini, usai penandatanganan bersama.

Redaksi



Menyingkap Tabir Menguak Fakta