Viral….Barang ini Ampuh atasi Corona

NUSANTARA, JP. Com – Pada Maret 2021 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa semenjak pandemi, dirinya rajin mengonsumsi minuman berbahan dasar empon-empon. Bahkan, orang nomor satu di Indonesia itu tak sungkan menyuguhkan minuman empon-empon ini kepada para tamunya. Lantas, apa itu empon-empon dan bagaimana khasiatnya bagi tubuh?

Empon-empon atau juga dikenal dengan istilah rempah-rempah merupakan bahan alami yang memiliki segudang manfaat. Sebagaimana dikutip dari Buku Rempah & Herba Kebun-Pekarangan Masyarakat: Keragaman, Sumber, Fitofarmaka, dan Wisata Kesehatan-Kebugaran karya Luchman Hakim, empon-empon merupakan bahan alam yang berasal dari bagian tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai bumbu, pengharum, penguat cita rasa, dan pengawet makanan. Penggunaan empon-empon dalam dunia kuliner sudah banyak diterapkan sejak lama.

Selain sebagai bumbu dapur, empon-empon ini juga digunakan obat herbal. Secara garis besar, tanaman herba identik dengan tanaman yang memiliki manfaat sebagai obat-obatan alami. Dalam pemanfaatannya sebagai obat herbal, empon-empon dapat diolah menjadi jamu, herbal terstandar, dan fitofarmaka.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis rempah-rempah dan manfaatnya bagi tubuh.

Jahe Merah (Zingiber officinale)
Jahe merah merupakan salah satu jenis empon-empon yang populer, Jenis rempah-rempah ini menyimpan banyak manfaat. Selain kandungan gingerol dan shogaol yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, juga dapat berfungsi untuk meredam peradangan (anti inflamasi) dan efek antioksidan

Kunyit (Curcuma longa atau Curcuma domestica)
Kandungan kurkumin pada kunyit dapat digunakan sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kunyit dapat dimanfaatkan mengobati rasa lesu dan letih pada tubuh.

Serai (Cymbopogon citratus)
Manfaat yang terkandung dalam serai sangat besar, beberapa di antaranya seperti antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, baik untuk kesehatan rambut dan kulit, memelihara daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi.

Kencur (Kaempferia galanga)
Senyawa ethyl p-methoxycinnamate (EPMC) pada kencur memiliki fungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga melancarkan kegiatan sehari-hari.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)
Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman empon-empon yang juga populer akan khasiatnya. Selain sebagai antioksidan dan antiinflamasi, juga dapat berfungsi sebagai obat anti lesu dan lelah, sehingga dapat menjaga daya dan pertahanan tubuh.

Selain di atas, terdapat jenis-jenis tanaman empon lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, alang-alang, kecombrang, kencur, lengkuas, daun bawang, dan lain sebagainya..

Dapat dikatakan, empon-empon merupakan jenis tanaman yang multifungsi sehingga banyak dimanfaatkan baik untuk dunia kuliner maupun dunia kesehatan.

RedJP



Menyingkap Tabir Menguak Fakta