Disini Kupijak Bumi Merdeka

Waw……Beginilah 5 Wisata Terindah di Jawa Tengah

JAWA TENGAHJawara Post —Desa wisata menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang saat ini banyak dikunjungi oleh masyarakat yang berada di area perkotaan. Pengembangan desa wisata kini mulai digalakkan pada beberapa desa yang memang mempunyai potensi wisata unggul, baik dari segi sosial budaya maupun kenampakan alamnya yang mendukung. Selain itu kini desa wisata memang memberikan pengalaman wisata yang lain dari yang lain, berbeda dengan wisata alam maupun buatan pada umumnya.

Salah satu wilayah dengan desa wisata terbaik terdapat di Provinsi Jawa Tengah dengan berbagai keunikan budaya jawa kental dan panorama alam menakjubkan. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke desa wisata, ada baiknya menyimak beberapa desa wisata unik di Jawa Tengah berikut ini.

1. Desa Wisata Candirejo

balkondesborobudur.comBorobudur.com

Desa Wisata Candirejo terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya hanya berjarak 3 km, yang masuk dalam Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Selain itu desa ini juga menghadirkan kenampakan alam yang sangat indah, serta budaya jawa masyarakat sekitar sangat kental.

Daya tarik wisata alam yang ada pada desa ini berupa Watu Kendil, serta hamparan sawah dan pemandangan Pegunungan Menoreh. Sedangkan wisata budaya juga disajikan dengan melihat aktivitas masyarakat sekitar desa, serta yang tidak ketinggalan adalah wisata edukasi.

2. Desa Wisata Panusupan

enaknyakemana.comjawarapost.com

Desa Wisata Panusupan sudah menjadi salah satu wisata menarik yang terdapat di Purbalingga, di mana sempat menjadi hits pada tahun 2017 karena keindahan alamnya. Desa wisata yang terletak di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga ini mempunyai hawa sejuk karena berada di Dataran Tinggi Dieng. Uniknya desa wisata ini dipenuhi oleh spot foto yang instagenic dengan pemandangan yang memang memukau dan mengandalkan keaslian dari alam tersebut, yang masih asri.

3. Desa Wisata Lerep

desawisatalerep.comlerep.com

Selanjutnya ada Desa Wisata Lerep yang berlokasi di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Desa ini terletak pada area perbukitan dengan pemandangan Gunung Ungaran yang memukau, serta masih cukup alami di mana terdapat Air Terjun Indrokilo yang indah. Di samping itu, terdapat beragam keunikan budaya di desa ini yang dapat dijadikan daya tarik wisata setempat, berupa tradisi iridan, sadranan dan lainnya.

4. Desa Wisata Kemetul

steemit.comsteemit.com

Salah satu desa menarik di Jawa Tengah lainnya adalah Desa Kemetul yang terletak di Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Desa wisata ini menyajikan kenampakan alam yang sangat menarik, dengan pemandangan hamparan sawah yang indah serta terdapat banyak gazebo di sekitarnya. Sedangkan masyarakat dari desa ini sangat menjunjung tinggi adat setempat dengan tradisi masyarakat setempat yang kental.

5. Desa Wisata Malahayu

instagram.com/zuleha.leha.92/zuleha.leha.92/

Terakhir ada Desa Wisata Malahayu yang terletak di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Desa wisata ini menghadirkan berbagai objek wisata menarik, seperti Waduk Malahayu, Situs Benteng Dinamit, BBM Fantasy Land dan lainnya. Selain itu desa yang masyarakatnya berbahasa Sunda ini memiliki beberapa acara adat budaya yang sangat menarik. Serta terdapat berbagai kuliner setempat yang merupakan perpaduan antara budaya Jawa dan Sunda yang menarik.

Itu dia beberapa desa wisata menarik di Jawa Tengah, yang menarik banget buat dikunjungi. 

Redaksi



Menyingkap Tabir Menguak Fakta