MAULID NABI

RADAR SUMATERA : Sejumlah Aset Disita, Zainudin Hasan Meringkuk di Tahanan

LAMPUNG,  Jawara Post—KPK ternyata tak hanya baru menyita lahan samping rumah Zainudin Hasan, tapi juga telah memasang plang sita pada enam bidang lahan lainnya serta satu pabrik beras, Rabu (14/11).

Zainudin Hasan sebelumnya tertangkap basah KPK menerima suap setoran proyek dari kontraktor Gilang Ramadhan. Diperkirakan, selama menjabat bupati, Zainudin telah mengantongi Rp50 miliar lebih.

Yang sudah diketahui media, ada enam bidang lahan milik Zainudin Hasan yang baru disita KPK. Semua aset tersebut ada di lima desa tersebar di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

Pabrik beras yang disita KPK ada di Desa Bumijaya Kecamatan Candipuro dan pekarangan besrta gedung di Desa Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan.

Zainudin Hasan memeroleh pabrik beras berserta lahan seluar tiga hektare tersebut nebus ke BRI. Sebelumnya, pabrik milik keluarga Almarhum H. Imam Muhayat tersebut disita pihak BRI.

KPK juga telah menyita satu bidang tanah kosong seluas 1,5 hektare di Jalinsum KM.57 Kelurahan Waylubuk, Kecamatan Kalianda. Sedangkan lahan seluas sekitar 5000 m2 samping rumah Zainudin Hasan berada di Desa Kedaton, Kalianda.

Sebelumnya, KPK telah menyita sebanyak 16 bidang tanah milik adik kandung Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, antara lain satu ruko di Bandarlampung, dua bidang tanah di Desa Campang Tiga, lima bidang tanah di Desa Munjuk Sampurna, dan satu bidang tanah di Desa Ketapang.  Lalu sejumlah kendaraan mewah, seperti satu unit motor Harley-Davidson, satu unit mobil Toyota Vellfire, dan satu unitspeed boat.

Saat ini, Zainudin Hasan, sedang menjalani prose hukum dan wajib mempertanggung jawabkan semua peratannya. “Sejumlah aset memang telah disita APH, tapi Zainudin Hasan tetap meringkuk dalam sel tahanan,” kata sumber Jawara Post.

Syaiful

Biro Lamsel



Menyingkap Tabir Menguak Fakta