PT JAWARA POS GRUP

LPLH TN Bidang Perairan Lestarikan Alam Bumi Gunung Malang

SITUBONDO, JP. Com – Dalam rangka melestarikan lingkungan hidup Organisasi Nirlaba Pelestari yakni Lembaga Peduli Lingkungan Hidup Tapalkuda Nusantara (LPLH TN), Bidang Perairan melaksanakan penanaman bibit pohon buah jambu mete di area pinggiran sungai Dam Nangger, Dusun Kesambi Rampak, Desa Gunung Malang, Kec. Suboh, Kab. Situbondo, Prov. Jawa Timur. Sabtu (16/7/2022).

Penanaman bibit pohon buah jambu mete dilakukan oleh Ketua Bidang Perairan DPP LPLH TN, Asbullah dengan penuh semangat berkarya bhakti secara sukarela demi kelestarian Bumi ibu pertiwi nusantara dan tampak dari raut wajahnya ketulus ikhlasannya dalam penanaman bibit-bibit dibawah terik matahari yang menyengat tubuhnya.

Walaupun penanaman puluhan bibit pohon buah jambu mete dilakukan seorang diri oleh Ketua Bidang Perairan DPP LPLH TN tidak membuatnya patah arang atau tidak apatis terhadap kelestarian lingkungan hidup disekitarnya, kesahariannya juga sebagai juru pengendali pintu Dam Nangger yang menyalurkan aliran air sungai menuju ke sawah pertanian masyarakat yang meliputi aliran sungai 3 Kecamatan diantaranya Kec. Suboh, Kec. Mlandingan, Kec. Bungatan.

Adapun keberadaan dan kemampuan Organisasi Nirlaba LPLH TN baik secara Perorangan maupun Tim Kebidangan yang bermacam – macam kebidangannya sesuai amanah UUD 1945 Pasal 28 H diaplikasikan dalam Organisasi Pelestari Lingkungan Hidup Dan Kesehatan Masyarakat LPLH TN tidak bisa diragukan lagi mulai dari awal berdiri Tahun 2019 yang bernama LPLH berubah menjadi LPLH KS dan berubah lagi menjadi LPLH TN sebab sudah lama Hadir Berbuat Manfaat ditengah – tengah lingkungan masyarakat, baik di hutan, pesisir, pedesaan maupun perkotaan bahkan juga peduli terhadap kesehatan masyarakat dengan berdonor darah, membangun rumah full tembok mulai pondasi bagi yang tertimpa musibah bencana alam, dlsb.

LPLH TN yang sempat vakum dikarenakan masa pandemi covid – 19 kini berangsur – angsur mulai pulih kembali dengan penataan struktur Organisasi yang lebih mantap dan mapan untuk Hadir Berbuat Manfaat bagi kelestarian alam dan kesehatan masyarakat dengan dana bersumber dari donatur dan sukarelawan pelestari serta CSR, Non penyerapan anggaran APBN maupun APBD.

Asbullah dalam keterangannya mengatakan, “Saya tergugah untuk menjaga kelestarian alam sejak bergabung dengan LPLH TN mulai awal pendirian yang digagas oleh saudara Ilham Fahruzi yang visioner dan menurutnya ia mengadobsi dari sepak terjang mantan Bupati Banyuwangi yaitu Abdullah Azwar Anas dalam penghijauan di Kabupaten Banyuwangi.” ucapnya.

“Ya kalau bukan kita yang peduli terus siapa lagi, apalagi dijaman sekarang banyak perusak alam daripada pelestari alam.” imbuhnya Ketua Bidang Perairan DPP LPLH TN.

(Ujik)



Menyingkap Tabir Menguak Fakta